Facebook Google Plus RSS Feed Email
"Aku Hanyalah Debu Berselimut Nafsu!"
Blog ini adalah serangkaian kumpulan sadjak dan berbagai tulisan sastra, karya Helyn Avinanto (Helin Supentoel)

Rabu, 27 Februari 2013

Analisis Stilistika Kumpulan Puisi Janturan


ABSTRAK

Nur Rois Masda, NIM 08 422 723. Analisis Stilistika Kumpulan Puisi Janturan Karya Tjahjono Widijanto. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. STKIP PGRI Ngawi.

Kata-kata kunci : Stilistika, Kumpulan Puisi Janturan.

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kepentingan pembelajaran sastra khususnya stilistika yang berperan mendukung kejelasan struktur fisik puisi. Melalui kajian struktur ini, peneliti diharapkan dapat menggambarkan peran unsur-unsur stilistika tersebut dalam memperjelas struktur fisik sebuah puisi yang meliputi gaya bahasa (majas), pemilihan kata (diksi), pencitraan (imaji), simbol (blank simbol, natural simbol, prifat simbol), ragam bunyi (cacophony, eupohony, dan anamatope), makna dan tema. Masalah umum dalam ananalisis ini adalah stilistika kumpulan puisi Janturan karya Tjahjono Widijanto. Submasalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah Stilistika Gaya Bahasa dalam kumpulan puisi Janturan Karya Tjahjono Widijanto?  2) Bagaimanakah Stilistika Diksi dalam kumpulan puisi Janturan Karya Tjahjono Widijanto? 3) Bagaimanakah Stilistika Imaji dalam kumpulan puisi Janturan Karya Tjahjono Widijanto? 4) Bagaimanakah Stilistika Simbol (blank simbol, natural simbol, prifat simbol) dan Ragam bunyi (cacophony, eupohony, dan anamatope) dalam kumpulan puisi Janturan Karya Tjahjono Widijanto? 5) Bagaimanakah Stilistika Makna dan Tema dalam kumpulan puisi Janturan Karya Tjahjono Widijanto?
Dalam penelitian ini, penulis bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis stilistika yang terdapat dalam kumpulan puisi Janturan Karya Tjahjono Widijanto. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan semiotik. Data penelitian ini berupa kata, frase, kalimat, dan bait. Data tersebut termanifestasikan dalam lirik puisi yang mengandung stilistika. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan puisi Janturan Karya Tjahjono Widijanto. Penulis hanya membahas sepuluh lirik puisi. Sembilan lirik puisi itu berjudul : Lima Catatan Malin, Menara Panti Kudus, Bayang-bayang, Bisma, Depan Ka’bah, Kunti di Tepi Kali, Tafsir Bapak Tafsir Anak, Epitaf, Bulan Sungsang.
Hasil penelitian diwujudkan dalam bentuk deskriptif dan analisis, yang berupa stilistika yang terdapat dalam kumpulan puisi Janturan Karya Tjahjono Widijanto. Berdasarkan hasil analisis lirik puisi dalam kumpulan puisi Janturan Karya Tjahjono Widijanto, dapat disimpulkan bahwa stilistika yang terkandung dalam kumpulan puisi Janturan Karya Tjahjono widijanto sangatlah unik dan mempunyai bahasa yang khas dalam kepengarangannya, yang sangat sulit ditemui dalam karya sastra pengarang-pengarang lain.
 Implementasi pembelajaran dengan kumpulan puisi Janturan sebagai materi ajar diharapkan dapat meningkatkan minat siswa untuk mengikuti pembelajaran kemampuan bersastra. Hal ini dikarenakan, mengingat kumpulan puisi Janturan merupakan suatu karya sastra yang sangat bagus, karena bahasa yang digunakan jarang dijumpai dalam puisi-puisi lain dan tema-tema yang ditampilkan juga sangat dekat dengan kehidupan dan religius.

*****

Download disini: IsiLampiran

Tidak ada komentar :

Posting Komentar