Facebook Google Plus RSS Feed Email
"Aku Hanyalah Debu Berselimut Nafsu!"
Blog ini adalah serangkaian kumpulan sadjak dan berbagai tulisan sastra, karya Helyn Avinanto (Helin Supentoel)

Rabu, 27 Februari 2013

Skripsi Psikologi Sastra


ABSTRAK

Helyn Avinanto, NIM 06 422 624, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Ngawi, Analisis Psikologi Novel “Kawin Kontrak Kau Ingin Nama, Cinta, dan Tubuhku” Karya Saifur Rohman.

Kata kunci: Analisis Psikologis, Psikoanalisis.

Karya sastra lahir dari sebuah budaya dan merupakan bagian dari proses sejarah, dikarenakan karya sastra merupakan imitasi sosial budaya yang muncul pada masyarakat. Sebagian besar karya sastra menceritakan kisah kehidupan masyarakat yang di dalamnya terdapat permasalahan-permasalahan, sehingga menimbulkan perilaku sosial pada anggota masyarakatnya. Perilaku yang terjadi pada masyarakat tersebut sebagai bentuk kejiwaan dengan gejala-gejala tertentu. Gejala sosial yang mengakibatkan perubahan perilaku dapat dikatakan sebagai proses kejiwaan yang terjadi pada karya sastra. Nilai kejiwaan yang terjadi dalam karya sastra di teliti sesuai ranah ketentuan penelitian psikologi sastra. Psikologi sastra adalah kajian sastra yang memandang karya sastra sebagai aktivitas kejiwaan. Dari dasar permasalahan di dalam teks sastra terdapat nilai kejiwaan, maka analisis psikologi sastra dilakukan untuk mengetahui nilai kejiwaan yang muncul pada karya sastra berdasarkan aspek-aspek psikologi sastra, dan pandangan psikologi sastra (psikoanalisis), dari dalam novel “Kawin Kontrak Kau Ingin Nama, Cinta, dan Tubuhku” karya Saifur Rohman, diterbitkan oleh PT Grasindo, anggota Ikapi, Jakarta, tahun 2006. Novel tersebut menceritakan status hubungan antara tokoh utama Paina (gadis desa dukuh Semanding) dengan Charles (lelaki kelahiran Brimingham), yang melakukan hubungan suami istri dengan cara Kawin Kontrak. Kawin Kontrak. Penokohan tokoh utama di dukung pula oleh tokoh tambahan sebagai pelengkap cerita. Dari dasar Kawin Kontrak tersebut, Paina harus berakhir di Lembaga Pemasyarakatan Nusa Kambangan.
Dari penelitian psikologi sastra pada “Novel Kawin Kontrak Kau Ingin Nama, Cinta, dan Tubuhku”, karya Saifur Rohman, di simpulkan bahwa novel tersebut mempunyai kandungan psikologis yang cukup signifikan berdasarkan pembatasan masalah yang dilakukan. Berdasarkan aspek-aspek psikologi sastra, secara keseluruhan mengandung kejiwaan. Perubahan-perubahannya tampak jelas diketahui. Apalagi perubahan yang terjadi pada tokoh utama Paina, dikarenakan Paina hampir pada setiap season selalu muncul penokohannya. Jika di lihat dari psikoanalisis freud, novel tersebut juga mengandung tiga hal, yaitu Id, Ego, dan Superego. Di mana novel tersebut sangat kental dengan unsur seks, yaitu keinginan libido tokoh utama atas rangsangan yang masuk pada jiwanya, sehingga secara tidak sadar tidak mampu dikendalikan. Lain daripada itu permasalahan yang masuk pada pikiran memungkinkan adanya sebuah keputusan yang harus di ambil sebagai respon tindakan. Hal tersebut yang mendasari jalannya cerita dari awal hingga akhir, dan terjadinya Kawin Kontrak.


********


Silahkan download pada link di bawah ini:

Depan

Isi

Biografi

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar